BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dewasa
ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah
berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari
berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat
" Zaman Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai
sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang
luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah
computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun
computer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer dimana
saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan
design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila
orang ingin menggunakan computer maka hanya bias dikantor atau dirumah, kalau
sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka
inginkan.
Software yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja
melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya
komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya
Abacus – ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai
alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan
pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat
hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada
tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820,
Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman
Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa
tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat
pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru
komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan
system ajabar Boolean.
1.2 TUJUAN
- Untuk
mengetahui perkembangan teknologi dari pertama ditemukan sampai sekarang.
- Meningkatkan
ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi khususnya computer.
- Untuk
mengetahui jenis jenis computer yang lebih canggih dan memiliki mutu yang lebih
tinggi agar dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efisien.
- Memajukan
daya pikir manusia agar menciptakan pola pikir inovatif dan kreatif.
- Agar
manusia mampu untuk menghasilkan computer yang lebih canggih dari yang telah
pernah ada.
- Agar
masyarakat Indonesia tidak ketinggalan dari negara yang lebih berkembang pada
saat sekarang.
- Dengan
mengetahui perkembangan computer, maka masyarakat Indonesia telah mampu untuk berkompetitif secara sehat untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bermutu.
- Untuk
mengetahui sesuatu hal atau objek yang dahulunya tidak diketahui dan dengan
adanya computer maka hal tersebut dapat diketahui.
1.3 RUANG LINGKUP MATERI
Dalam makalah
ini, penulis membatasi masalah yang akan dibahas padamateri Computer Software.
Hal tersebut dimaksudkan untuk mempertegas pembahasan sehingga dapat terfokus
pada masalah yang akan dibahas serta dapat memberikan gambaran umum tentang isi
makalah sehingga lebih mudah dipahami.
BAB II
LANDASAN TEORI
Komputer
berasal dari bahasa Latin yaitu “computare” yang artinya menghitung. Dengan
demikian, komputer dapat diartikan sebagai alat hitung atau mesin hitung.
Namun, setelah melalui beberapa fase perkembangan, komputer telah menjadi alat
yang mempunyai fungsi yang sangat luas dan kemampuan yang luar biasa. Banyak
sekali pekerjaan yang dapat dilakukan oleh komputer.
Berikut ini
beberapa definisi tentang komputer dan software
menurut beberapa ahli yang disajikan oleh buku-buku komputer :
- Komputer
adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti
menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan
menyediakan output dalam bentuk informasi. (Robert H. Blissmer, 1985)
- Komputer
adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta
dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu
langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
(Donald H. Sanderes, 1985)
- Menurut ITL
Education Solutions Limited, perangkat lunak atau software adalah istilah umum
untuk koleksi data komputer dan instruksi yang terorganisir. Software
bertanggung jawab untuk mengendalikan, mengintegrasikan dan mengelola komponen
hardware dari sistem komputer untuk menyelesaikan tugas tugas tertentu.
- Menurut
Sunarto, S,Kom., software merupakan nyawa sebuah komputer sehingga komputer
tidak dapat digunakan bila tidak dilengkapi dengan software.
BAB III
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN SOFTWARE
Software disebut
dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi
oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini
merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen
serta arsip lainnya.
Merupakan data
elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang
disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh
perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk
menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai
keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun
ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta
data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa
hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini
mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin
komputer.
Kebanyakan masyarakat
saat ini membagi komputer menjadi dua bagian . Bagian pertama adalah hardware
yang merupakan perangkat fisik yang ada di dalam komputer. Dan bagian yang
kedua adalah software komputer, yang memberitahukan hardware mengenai apa yang
harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Apabila diibaratkan bahwa komputer
adalah makhluk hidup, maka hardware adalah tubuhnya seperti mata untuk melihat,
paru-paru untuk bernapas dan bagian tubuh lainnya, sedangkan perangkat lunak
atau software diibaratkan sebagai kepintarannya, seperti memproses gambar yang
dilihat mata, memerintahkan tangan untuk mengangkat objek, dan memaksa tubuh
untuk menarik nafas dengan menggunakan paru-paru.
Hardware
Komputer, menjadi bagian dari mesin, dan hanya mengerti dua konsep dasar yaitu
menyala (on) dan mati (off), konsep on dan off tersebut dinamakan binary.
Software komputer dikembangkan agar binary dapat menjadi jalan untuk
memberitahukan komputer hardware dalam melakukan tugasnya. Software Komputer
menterjemahkan dan mengarahkan pengguna komputer agar mengerti mengenai apa
yang dapat dilakukan oleh komputer hardware.
Sebagian besar
dari software komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa
pemrograman. Programer menuliskan perintah dalam bahasa pemrograman seperti
layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada umumnya dalam melakukan
perbincangan. Perintah-perintah tersebut dinamakan “Source Code”. Program
komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada source code, dan
kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat dimengerti oleh
komputer. Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).
Software
komputer dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sistem software dan software
aplikasi. Sistem software menyajikan program yang dapat mengijinkan hardware
berjalan dengan semestinya. Software aplikasi menyediakan program yang
mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping menjalankan hardware.
B. Jenis-Jenis Perangkat Lunak
Software secara
garis besar dapat dibagi menjadi 3 bagian. Berikut pembahasan jenis-jenis
software :
OS adalah
software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi dari
OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer.
OS ini juga akan
berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita
memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut
akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke
hardware. Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft
Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS
disampaikan ke Printer.
Contoh OS antara
lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai
kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling banyak
digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.
2.
Aplikasi atau
Program
Software ini
dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah untuk
mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang
membantu pekerjaan manusia.
Aplikasi dapat
dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya, antara lain :
a. Pengolah
kata
Aplikasi ini
digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya.
Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.
b. Pengolah
angka
Aplikasi ini
digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi
ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.
c. Pengolah
presentasi
Aplikasi ini
digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft
Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.
d. Pengolah
gambar
Aplikasi ini
digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain;
Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.
e. dan
lain-lain
Dalam aplikasi
ada istilah Paket Program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah
aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang
terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft
Access dsb.
Perlu diketahui
juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau
hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa
di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di
beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows
maupun Linux.
3.
Bahasa
Pemograman
Software ini
digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut dengan
Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa
Fortran dan Bahasa Generasi Keempat. Bahasa pemograman yang digunakan saat ini
adalah bahasa tingkat tinggi atau bahasa generasi ke empat. Bahasa jenis ini
lebih mudah dipahami, karena menggunakan bahasa manusia seperti bahasa inggis.
Contoh software ini, al; Visual Basic, Visual Foxpro, Java dsb.
C. Perangkat Lunak Berbayar dan Bebas
Software atau
perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa
macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free
software, shareware, adware) . untuk lebih jelasnya silahkan baca definisi
lebih detail mengenai beberapa jenis software tersebut.
Software berbayar
merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap
pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara
membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang
menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan
software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software
berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe
photo shop, dan lain-lain.
Freeware atau
perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis
digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan
penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau
untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali
membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun
juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki
kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai
program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh
utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga
didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
Free Software
lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada
kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber
terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program
di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan
didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis
pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita
dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware,
shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program
dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang
nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free
dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu,
dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama
seperti Freeware tidak harus gratis.
Shareware juga
bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program
terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan
fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang
ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan
untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari
program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak
antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk
evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati
maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda
ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat
menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program
periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas
adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat
lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Software disebut
juga dengan perangkat lunak. Pengertian Software komputer adalah sekumpulan
data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang
disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan
suatu perintah.
Pembagian
software :
1. OS (Operating System)
2. Aplikasi atau Program
3. Bahasa Pemograman
DAFTAR PUSTAKA
repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/24218/4/Chapter%20II.pdf